7 Aspek Kelayakan Usaha :
1.
Aspek
pasar dan pemasaran
·
Pasar :
-
Usaha yang dilakukan
oleh Sriyono merupakan jenis usaha yang masih sempit, karena beliau hanya
memiliki satu jenis usaha yaitu berjualan siomay dan kebanyakan orang-orang
masih belum mengetahui atau merasakan siomay tersebut.
·
Pemasaran :
-
Usaha yang dilakukan
oleh Sriyono adalah dengan menggunaka cara tradisional, yaitu dengan tidak
menggunakan famlet, iklan, dan sebagainya. Karena sistem pemasaran yang beliau
lakukan adalah face to face atau mulut ke mulut yang pada akhirnya beliau
terkenal di berbagai televisi nasional dan media sosial berkat kegigihan
menjalankan usaha siomay ini.
2.
Aspek
Teknik dan Teknologi
·
Sriyono tidak
menggunakan tekhnik atau teknologi secara modern seperti kebanyakan pengusaha
lainnya, beliau hanya menggunakan teknologi secara tradisional. Seperti saat
beliau membuat siomay dengan cara tidak menggunakan mesin tetapi masih
menggunakan tangannya secara manual.
3.
Aspek
Keuangan
·
Profit yang beliau
hasilkan dari berjualan siomay bisa dikategorikan termasuk usaha yang
menghasilkan omset lumayan tinggi. Karena beliau dapat menghasilkan omset
kira-kira 1 juta rupiah per hari, dan bisa dibilang beliau diperkirakan
berhasil menembus angka 2 milyar pertahun dengan usaha siomay yang dijalankannya
ini.
4.
Aspek
Organisasi dan Manajerial
·
Organisasi usaha yang
dirintis oleh beliau dari awal hingga kini tidak memiliki struktur organisasi
terntentu, karena hanya Sriyono sendiri yang menjalankan usaha siomay ini. Pada
dasarnya tujuan utama beliau membuka usaha ini adalah untuk menemukan kedua
anaknya, maka dari itu beliau berjualan dengan menampilkan gaya yang eksentrik
yaitu siomay pink. Mulai dari sepeda, pakaian dan aksesoris yang berwarna pink.
Sistem pengelolaan yang beliau lakukan adalah bersifat positif karena usahanya
masih beliau seorang dan masih belum mempunyai pesaing atau pun bisa dikatakan
pengelolaan usahanya juga tidak merugikan orang disekitar.
5.
Aspek Lingkungan
·
Usaha yang dijalankan
oleh Sriyono ini termasuk jenis usaha yang ramah lingkungan karena usaha ini
dijalankan dengan mengelilingi jalan dikampung-kampung, tidak berbentuk pabrik,
restoran, ataupun sebagainya. Jadi tidak akan mencemarkan lingkungan sekitar.
6.
Aspek
Legalitas
·
Usaha yang dirintis
oleh beliau ini tidak berhubungan dengan kebijakan Pemerintah sekitar ataupun
hukum. Karena beliau melakukan usahanya secara mandiri, tanpa melibatkan
pemerintah sama sekali dan jauh dari sistem hukum.
7.
Aspek
Sosial dan Ekonomi
·
Sriyono tidak
menggunakan sistem aspek sosial dan teknologi, karena pada usaha beliau ini
masih terbilang usaha kecil belum termasuk proyek besar. Dan Sriyono pun juga
tidak memiliki tenaga kerja, oleh karena itu tidak ada uang yang dikeluarkan
untuk membayar gaji atau upah. Tetapi beliau mempunya rencana untuk bekerja sama
dengan salah satu pengusaha untuk membuka franchise.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar