Senin, 01 Juli 2013

TUGAS 2 KEWIRAUSAHAAN (7 aspek kelayakan)


7 Aspek Kelayakan Usaha   :
1.      Aspek pasar dan pemasaran
·         Pasar                :
-          Usaha yang dilakukan oleh Sriyono merupakan jenis usaha yang masih sempit, karena beliau hanya memiliki satu jenis usaha yaitu berjualan siomay dan kebanyakan orang-orang masih belum mengetahui atau merasakan siomay tersebut.
·         Pemasaran       :
-          Usaha yang dilakukan oleh Sriyono adalah dengan menggunaka cara tradisional, yaitu dengan tidak menggunakan famlet, iklan, dan sebagainya. Karena sistem pemasaran yang beliau lakukan adalah face to face atau mulut ke mulut yang pada akhirnya beliau terkenal di berbagai televisi nasional dan media sosial berkat kegigihan menjalankan usaha siomay ini.
2.      Aspek Teknik dan Teknologi
·         Sriyono tidak menggunakan tekhnik atau teknologi secara modern seperti kebanyakan pengusaha lainnya, beliau hanya menggunakan teknologi secara tradisional. Seperti saat beliau membuat siomay dengan cara tidak menggunakan mesin tetapi masih menggunakan tangannya secara manual.
3.      Aspek Keuangan
·         Profit yang beliau hasilkan dari berjualan siomay bisa dikategorikan termasuk usaha yang menghasilkan omset lumayan tinggi. Karena beliau dapat menghasilkan omset kira-kira 1 juta rupiah per hari, dan bisa dibilang beliau diperkirakan berhasil menembus angka 2 milyar pertahun dengan usaha siomay yang dijalankannya ini.
4.      Aspek Organisasi dan Manajerial
·         Organisasi usaha yang dirintis oleh beliau dari awal hingga kini tidak memiliki struktur organisasi terntentu, karena hanya Sriyono sendiri yang menjalankan usaha siomay ini. Pada dasarnya tujuan utama beliau membuka usaha ini adalah untuk menemukan kedua anaknya, maka dari itu beliau berjualan dengan menampilkan gaya yang eksentrik yaitu siomay pink. Mulai dari sepeda, pakaian dan aksesoris yang berwarna pink. Sistem pengelolaan yang beliau lakukan adalah bersifat positif karena usahanya masih beliau seorang dan masih belum mempunyai pesaing atau pun bisa dikatakan pengelolaan usahanya juga tidak merugikan orang disekitar.
5.       Aspek Lingkungan
·         Usaha yang dijalankan oleh Sriyono ini termasuk jenis usaha yang ramah lingkungan karena usaha ini dijalankan dengan mengelilingi jalan dikampung-kampung, tidak berbentuk pabrik, restoran, ataupun sebagainya. Jadi tidak akan mencemarkan lingkungan sekitar.
6.      Aspek Legalitas
·         Usaha yang dirintis oleh beliau ini tidak berhubungan dengan kebijakan Pemerintah sekitar ataupun hukum. Karena beliau melakukan usahanya secara mandiri, tanpa melibatkan pemerintah sama sekali dan jauh dari sistem hukum.
7.      Aspek Sosial dan Ekonomi
·         Sriyono tidak menggunakan sistem aspek sosial dan teknologi, karena pada usaha beliau ini masih terbilang usaha kecil belum termasuk proyek besar. Dan Sriyono pun juga tidak memiliki tenaga kerja, oleh karena itu tidak ada uang yang dikeluarkan untuk membayar gaji atau upah. Tetapi beliau mempunya rencana untuk bekerja sama dengan salah satu pengusaha untuk membuka franchise.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar